Sabtu, 16 Februari 2013

SPESIFIKASI BAHASAN AWAL ILMU PENDIDIKAN ISLAM



A.  Dasar Ilmu Pendidikan Islam

1.  Dalam nomenklatur Islamic studies, sebagai pandangan baru. |akhir abad ke-20| kaum muslim memikirkan perlunya meningkatkan dan mengembangkan mutu pendidikan Islam dalam berbagai aspek.

2. Awal tahun 2000-an, penelitian pada ilmu pendidikan Islam dilakukan dengan pendekatan yang berlandaskan al-Qur’an dan Hadits, Sejarah, Filsafat, Psikologi, dan pengembangan masyarakat modern.

3.  Kerancuan dasar dan konsep yang mengarahkan pada pertumbuhan dan perkembangan ilmu pendidikan Islam,  antara education (menuju ilmu yang bersifat terbuka, luas, dan menuntut redefinisi secara terus menerus) dan paedagogie (menuju ilmu yang bersifat terbatas, konsentris, dan menuntut pendalaman, serta secara terus menerus).

4. Mutu pendidikan Islam yang jauh tertinggal dari ilmu pendidikan umum. Hal ini disebabkan lembaga-lembaga pendidikan Islam masih belum terencana dan terkonsep.

5. Mayoritas penduduk Indonesia Muslim. Lembaga pendidikan Islam secara otomatis mendominasi, baik pesantren, madrasah, dll. Sehingga bisa diasumsikan jumlah lembaga lebih banyak dan tidak terkontrol.


B.  Tujuan Ilmu Pendidikan Islam

1. Mengembangkan dan memantapkan bagunan ilmu pendidikan Islam secara akademik dan ilmiah.

2.  Memperkaya khazanah ilmu pendidikan Islam.

3.  Memperbaiki dan meningkatkan ilmu pendidikan Islam.


C.  Ruang Lingkup

1. Menggunakan pendekatan multi disipliner; kajian mendalam tentang pengertian, tujuan, ruang lingkup, dasar-dasar ilmu, dan pendekatan (dengan menggunakan pendekatan normatif perenialis, historis, filsafat, psikologis, sosiologis, manajemen, informasi teknologi, kebudayaan, etika, politik, dan hukum.

2.  Pengembangan yang digunakan berupa kualitatif dan kuantitatif.


D.  Metode

1.  Studi dan pengamatan; mengumpulkan bahan dan dipecahkan disetai analisis kritis dan kesimpulan.

2.  Pendekatan menggunakan multi disipliner (berusaha membangun konsep dari berbagai aspek dan cara pandang).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar