Kamis, 28 Mei 2009

Idealis, Prinnsipiil & Kepribadian Kuat





Perna denger org bilang kayak gini gk, “Dia itu org yg punya kepribadian” ato “Dia itu kepribadiannya kuat”? Sebenernya apa si ‘kepribadian’ itu? Org yg kayak gimana yg disebut ‘berkepribadian’? Bukannya ‘pribadi’ itu milik smua org atau individu?
Klo baca di Kamus Umum Berbahasa Indonesia kluaran taun 1976 (tuwir bgt), kepribadian itu berarti keadaan manusia sebagai perseorangan, ato bisa juga keseluruhan sifat yang merupakan watak orang.
Brarti ‘kepribadian’ itu adalah sifat2 yg dimiliki se2org, maka dr itu ‘kepribadian’ se2org beda dgn ‘kepribadian’ org lain. Klo kata nyet si ‘kepribadian’ se2org itu gk bs dinilai klo dia gk perna nunjukin gimana sifat dia. Jd org yg bilang klo se2org itu ‘berkepribadian’ adl org yg bener2 ngerti sifat dan watak se2org itu.
Nah, skarang pertanyaannya ‘kepribadian yg kuat’ itu yg kayak gmn? Masi kata nyet, org yg ‘kepribadiannya kuat’ adalah org yg punya sifat2 orisinil. Org itu bener2 nunjukin sifat aslinya dlm kehidupan sehari2. Org yg gak akan ikut2an org lain. Org yg keukeuh sm sifatnya.
OK… itu tadi teori2nya. Skarang bisa gk, kamu sebutin org2 terdekat kamu yg mnurut kamu ‘berkepribadian kuat’ skalian alasannya.
Perna denger org Indonesia keturunan Cina yg perna hidup di taun 60-an yg punya nama Soe Hok Gie? Org bilang dia adl. seorg idealis.
IDEALIS. Sbenernya apa si definisi idealis? Di kamus yg sama dituliskan klo ‘idealis’ berarti org yg bercita2 tinggi. Bisa juga org yg hidup / brusaha hidup mnurut cita2 (yaitu menurut suatu patokan atau pedoman yg dianggap sempurna).
Kata ayah, ‘idealis’ itu org yg punya pedoman yg terbaik menurut dia dan akan hidup sesuai pedomannya itu. nyet jg bilang definisi yg hampir sama. Kesempurnaan kata kuncinya. Walo ada yg lebih baik ato mnurut org lebih baik, tapi dia masi berpegang teguh pada pedomannya tadi. Ada kategori2 tertentu utk nunjukkin suatu ke-ideal-an.
Trus klo gitu apa bedanya sama prinsip / prinsipiil, org yg berprinsip?
Masi di kamus yg sama, yg tebelnya g ketulungan itu, tertulis klo ‘prinsip’ itu artinya asas (kebenaran yg jadi pokok dasar org berpikir / bertindak).
ayah bilang klo prinsip itu kebenaran yg diyakini kebenarannya. Contohnya agama. Agama adalah sebuah prinsip. Klo uda milih 1 agama yg diyakini kebenarannya, maka se2org akan berperilaku sesuai agamanya tsb.
nyet bilang prinsip setiap hal itu berbeda2. Sala 1 contohnya prinsip dlm blajar. Dia gak akan nyontek sesulit apapun soal yg dia hadapi pas ujian. Karna itu, dia akan mentransfer prinsipnya itu ke dlm kehidupan sehari2nya.
Bener g klo aku blg, ‘idealis’ atau ‘prinsipiil’ adalah sifat2 yg mungkin dimiliki se2org, dan slama org tersebut hidup sesuai prinsip atau hal yg dia idealkan, bisa dibilang klo org itu ‘berkepribadian kuat’. Klo kamu gmn?
Aku si ‘apapun yg aku lakukan itu adl. yg aku pingin dan aku suka’. Itu prinsip apa motto ya? Trus apa bedanya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar